5 Makanan Khas Purwakarta | Dapur Kita

5 Makanan Khas Purwakarta

Posted by

5 Makanan Khas Purwakarta | dapurkita.my.id - Hai Sobat dapur lover... 😀 pernahkah Sobat berkunjung ke Purwakarta? Kalau Sobat kebetulan sering atau mungkin baru mau ke Purwakarta, dapurkita ada info seputar kuliner nih, makanan khas Purwakarta. Jadi kalau Sobat berniat jalan-jalan ke Purwakarta, Sobat sudah tahu yang harus Sobat cari berkaitan dengan makanan khas Purwakarta.

Sebelum info Makanan Khas Purwakarta kita lanjutnya, ada baiknya Sobat mengenal daerah Purwakarta. Purwakarta adalah nama Kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Karawang di bagian Utara dan sebagian wilayah Barat, Kabupaten Subang di bagian Timur dan sebagian wilayah bagian Utara, Kabupaten Bandung Barat di bagian Selatan, dan Kabupaten Cianjur di bagian Barat Daya. Ibukota Kabupaten Purwakarta terletak di Kota Purwakarta berjarak kurang lebih 80 KM sebelah timur Jakarta. Kabupaten Purwakarta pernah menjadi pemberitaan nasional ketika terjadi kontroversi pembuatan patung-patung oleh Bupati Purwakarta Bapak H. Dedi Mulyadi.

Diluar kontroversi yang terjadi di Kabupaten Purwakarta, ternyata Kabupaten Purwakarta menyimpan resep warisan yang menjadi ciri khas kuliner Kabupaten Purwakarta. Dan berikut ini dapurkita akan merangkum makanan khas Purwakarta sebagai referensi untuk sobat yang ingin berkunjung ke Kabupaten Purwakarta

1. Makanan Khas Purwakarta - Sate Maranggi Purwakarta

Kalau selama ini kita mengenal sate madura sebagai makanan khas Jawa Timur, di Purwakarta ada kuliner sate namun dengan ciri khas dan rasa istimewa yang berbeda dari sate lainnya. Namanya sate maranggi. Yang membedakan sate maranggi dengan sate madura atau sate lainnya adalah pengolahan sate yang direndam dahulu dalam air bumbu sebelum dibakar. Bumbu untuk merendam sate maranggi terdiri dari kecap manis dan beberapa jenis rempah, seperti jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, plus sedikit cuka untuk memberikan sedikit rasa masam. Dengan meresapnya bumbu tadi, maka setelah dibakar sate tidak perlu saus atau sambal kacang lagi.

Sate Maranggi biasanya disajikan dengan irisan bawang merah dan tomat segar untuk menciptakan paduan rasa yang berimbang antara rasa daging yang gurih, tomat yang masam, dan bawang yang pedas, membuat citarasa Sate Maranggi Purwakarta menjadi makanan khas pertama yang wajib Sobat coba.
Sate Maranggi | gambar : http://id.openrice.com/

Untuk mendapatkan sate maranggi di Purwakarta Sobat bisa mengunjungi salah satu warung makan di daerah Jl. Raya Cibungur (Bungursari) - Purwakarta yaitu Sate Maranggi Cibungur. Sate maranggi Cibungur yang buka mulai jam 9 pagi hingga jam 9 malam ini menyediakan berbagai masakan seperti sate maranggi yang terdiri dari sate ayam, sapi dan kambing, sop daging, ikan bakar dan karedok serta beberapa macam minuman. Minuman yang khas di Sate Maranggi Cibungur adalah es kelapa muda.

Sate Maranggi Cibungur 

2. Makanan Khas Purwakarta - Soto Sadang Purwakarta

Soto adalah makanan khas yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Namun demikian setiap daerah memiliki berbagai jenis soto yang khas, seperti soto betawi, soto lamongan, soto bandung de el el. Sedangkan di Purwakarta, ada jenis soto asli Purwakarta yang telah dirintis sejak tahun 1970-an. Namanya adalah soto sadang.

Walaupun saat ini banyak sekali warung makan yang menyediakan menu soto sadang, tapi untuk Sobat dapurkita yang kebetulan berkunjung ke Kota Purwakarta, Sobat bisa menemukan Soto sadang ASLI atau pelopor soto sadang Purwakarta sebagai salah satu makanan khas Purwakarta di Jalan Veteran / Jembatan Layung Sadang Purwakarta.

Menu soto sadang sebagai makanan khas Purwakarta terdiri dari soto bening dan soto santan. Ciri khas soto sadang ini terletak pada rasa kaldu / kuah sotonya yang gurih. Seperti umumnya soto, makanan khas Purwakarta yang satu ini disajikan pula dengan acar mentimun, sambal dan jeruk limau.

Soto Sadang | gambar : http://food.detik.com

3. Makanan Khas Purwakarta - Simping Purwakarta

Untuk masyarakat Jawa Barat pasti sudah tidak asing lagi dengan simping. Tapi mungkin tidak semua daerah ada oleh-oleh simping nya, hanya beberapa daerah seperti Karawang atau di Garut. Namun di Purwakarta, simping sangat mudah ditemukan dan menjadi makanan serta oleh-oleh khas yang banyak dijual dipusat oleh-oleh dan makanan Purwakarta. 

Simping adalah makanan ringan berbentuk bulat pipih, terbuat dari tepung terigu yang diberi beberapa bumbu. Pada umumnya simping berwarna putih, namun kini aneka rasa simping tersedia dengan beragam warna menarik. Simping memang merupakan makanan khas Purwakarta yang bisa menjadi barang bawaan dan oleh-oleh bagi Sobat yang berkunjung di Purwakarta. Untuk masalah harga sendiri satu bungkus simping rata-rata dijual seharga 10 ribu rupiah.

Tempat yang bisa Sobat kunjungi untuk mendapatkan simping adalah di daerah Kaum (Kota Purwakarta) salah satunya di  Jalan Mr. Dr. Kusuma Atmaja Kota Purwakarta. Atau jika Sobat beruntung, Sobat bisa juga mendapatkan di rumah makan yang kebetulan disinggahi ketika berkunjung ke Purwakarta.

Simping Kaum Purwakarta | gambar http://purwakarta-tourism.com/



4. Makanan Khas Purwakarta - Es Ciming Purwakarta

Kuliner selanjutnya yang menjadi makanan khas Purwakarta adalah es ciming. Es Ciming adalah minuman es yang diracik sederhana dengan campuran bahan dawet hijau, cincau hitam, serutan kelapa, kacang hijau yang sudah matang, kemudian diuruk es serut yang sudah lembut dan disuguhkan dalam gunungan pada sebuah mangkuk Cina. Baru kemudian, Es Ciming akan lengkap setelah disiram sirup manis dan susu.

Es Ciming dapat Sobat temukan di Jl. Jenderal Sudirman No.117, Nagri Kaler, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Dan yang perlu dicatat bahwa es ciming ini tidak buka ditempat lain. Sehingga memang es ciming telah menjadi makanan khas Purwakarta.

Kedai es ciming buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam ini juga menyediakan makanan lain seperti batagor sampai empek-empek. Es Ciming sangat cocok dinikmati ketika siang hari maupun sebagai hidangan takjil atau menu buka puasa.

Es Ciming Purwakarta - Gambar : http://www.wisatajabar.com/


5. Makanan Khas Purwakarta - Peuyeum Bendul Purwakarta

Seperti halnya Peuyeum Bandung yang menjadi makanan khas Bandung, di Purwakarta juga dapat kita temukan peuyeum yang sejenis. Namun yang unik dan membuat makanan ini disebut peuyeum bendul adalah karena dijual disepanjang jalan raya Bendul Purwakarta. Jika anda dari Purwakarta, deretan ruko yang menjual peuyeum bendul dapat ditemui di sepanjang jalan menuju arah Bandung (sekitar 15 km). Tak tanggung-tanggumg, ruko yang menjual peuyeum ini panjangnya sampai dengan 2 km. Peuyem Bendul ini menjadi salah satu alternatif untuk dibawa sebagai oleh-oleh makanan khas Purwakarta


Nah itu dia Sobat, 5 makanan khas Purwakarta yang bisa Sobat kunjungi atau beli buat oleh-oleh...




Resep Masakan Diupdate pada : 23.53

0 komentar:

Poskan Komentar