35 Makanan dan Minuman Khas Bandung

35 Makanan dan Minuman  Khas Bandung | www.dapurkita.my.id - Siapa yang belum pernah ke Bandung??? Aduh... nyesel banget kalau sampai sobat dapur lover belum pernah mampir ke Bandung. Karena Bandung adalah gudangnya kuliner, Sobat!!. Banyak sekali kedai makanan dan minuman di Bandung, baik yang menjual makanan dan minuman khas Bandung, maupun yang khas daerah diluar Bandung. Namuuun karena berhubung dan menimbang bahwa makanan tersebut dijualnya di kota Bandung, maka terkenalah istilah makanan khas kota Bandung. Walupun misalnya makanan tersebut asalnya dari Garut. Ini sah-sah saja sih Sobat, selain Bandung sebagai ibukota Jawa barat, Bandung juga menjadi pusat ekonomi di Jawa Barat dimana para pedagang dari berbagai daerah di Jawa Barat membuka usaha di Kota Bandung

Bandung memang kota kreatif (termasuk penulis ya... :D). Kreatifitas warga Bandung tersebut ada disemua bidang, termasuk kreatifitas dibidang kuliner. Satu bahan saja, bisa menjelma dan bermetamorfosa menjadi berbagai makanan lezat menggugah selera. Ga percara?? Contoh kecil saja ya, Sobat tahu kan Aci?. Iya aci adalah tepung yang dibuat dari singkong/tapioka/kanji. Nah...dari bahan yang disebut aci atau tepung tapioka ini, bisa dibuat berbagai olahan dan makanan khas Bandung a.k.a Jawa Barat  lho Sob. Ada Cilok (Aci dicolok), Cimol (aci digemol) dan Cireng (aci digoreng). Uniknya lagi,  1 jenis makanan misalnya saja cilok bisa disajikan dengan berbagai inovasi dan variasi. Ada cilok dengan bumbu/kuah kacang, kuah saos, mayonnise, dan isi ciloknya juga bisa bermacam macam, ada yang daging ayam, daging/gajih sapi atau yang tanpa isi. Hmmmm benar-benar kreatif bukan??

Makin penasaran bukan dengan makanan dan minuman khas Bandung? baiklah Sobat dapur lover.. kita mulai saja petualangan kuliner kita di Bandung :

1. Makanan Khas Bandung - Cilok

Cilok merupakan singkatan dari 2 kata "Aci dicolok" yang artinya Aci ditusuk. Memang cara menyajikan atau memakan makanan ini selalu menggunakan tusuk serupa tusuk sate yang dibuat dari bambu. Uniknya lagi, cilok yang ada di Bandung telah mengalami pengembangan ditangan-tangan dapur lover yang kreatif dan inovatif. Ada cilok tanpa isi, cilok isi telur, cilok isi daging ayam dan cilok daging sapi. Bumbu atau kuah cilok pun bervariasi sesuai selera. Ada yang bumbu kacang, saus atau saus mayyonise. Rasanya.... gurih, kenyal, empuk...

Makanan Khas Bandung - Cilok bumbu kacang

 2. Makanan Khas Bandung - Cimol

Cimol juga merupakan singkatan dari 2 kata "Aci Digemol". Cimol artinya tepung kanji yang dicubit dan dibulat-bulat.. hampir2 mirip dengan cilok, tapi cimol biasanya tanpa isi dan pengolahannya digoreng. Penyajian cimol ada yang bumbu kering dan ada yang bumbu basah, biasanya dimakan dengan cara ditusuk dengan tusuk bambu yang pendek seperti tusuk gigi. Makan cimol paling enak pada saat hangat-hangat.


 3. Makanan Khas Bandung - Cireng

Cireng (Aci Goreng) merupakan makanan khas Sunda / Jawa Barat yang terbut dari adonan tepung kanji dan tepung terigu kemudian digoreng. Makanan khas Bandung ini juga banyak mengalami inovasi dari segi bentuk maupun isi yang ada mencakup daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju dan ayam teriyaki. Bahkan inovasi tidak hanya secara rasa namun bentuk, contohnya adalah cimol. Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di Priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara.


4. Makanan Khas Bandung - Colenak

Colenak merupakan makanan khas Bandung yang terbuat dari tape singkong / peuyem bandung yang diolah dengan cara dibakar diatas bara arang serta diberi parutan kelapa dengan gula merah cair. Kata Colenak sendiri berasal dari kalimat "Dicocol Enak" Dicocol artinya dicelupkan, yaitu peyeum bakar yang dicelupkan kedalam kinca (air gula merah) dengan parutan kelapa muda. Colenakpun saat ini telah mengalami modifikasi dan inovasi rasa mulai dari rasa durian, pandan maupun strowberry.


5. Makanan Khas Bandung - Sorabi

Sorabi atau surabi merupakan  makanan khas Bandung Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras yang dicampur santan dan parutan kelapa, kemudian dibakar dalam wadah khsusus. Dari segi rasa sorabi ini tersedia dalam berbagai pilihan mulai dari rasa pedas dengan toping sambal oncom, manis dengan berbagai toping seperti coklat, susu dll dan rasa gurih.

Sorabi | gambar : http://www.bango.co.id

6. Makanan Khas Bandung - Seblak

Seblak merupakan makanan pedas dan gurih yang terbuat dari bahan kerupuk basah (kerupuk yang disiram air panas) dengan campuran sayuran dan bahan protein lain seperti ayam, telur, udang dll. Seblak menggunakan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, bawang, kencur, cabe rawit dan bumbu2 lainnya. Seblak yang merupakan makanan khas Bandung ini juga memiliki berbagai variasi antara lain Seblak basah: seblak makaroni, seblak ceker ayam, seblak mie basah, seblak tulang, seblak baso , seblak basreng ( baso goreng ) , seblak batagor , seblak aci , seblak kwetiaw , seblak siomay , seblak snack dll.

Seblak | gambar : kulineri.com

7. Makanan Khas Bandung - Batagor

Batagor adalah makanan khas Bandung dibuat dari baso tahu digoreng dan diberi bumbu kacang.  Baso disini bisa merujuk pada siomay atau aci yang dibentuk bulat sedangkan tahunya sendiri diisi dengan adonan ikan tenggiri dan aci. Kedua bahan tadi digoreng hingga kecoklatan dan disajikan dengan diberi bumbu kacang, kecap dan diberi air perasan jeruk nipis.

8. Makanan Khas Bandung - Combro

Combro atau Comro adalah kependekan dari kata "Oncom Dijero" yang artinya oncom didalam. Makanan khas Jawa Barat ini memang mengandung oncom yang ada didalam parutan singkong dan kelapa parut yang digoreng. Bentuk comro pada umumnya bulat dengan rasa yang gurih dan terasa pedas setelah sambal oncom didalamnya terasa dilidah.

9. Makanan Khas Bandung - Perkedel Bondon

Perkedel Bondon merupakan kuliner khas Kota Bandung Jawa Barat. Perkedel yang berbahan dasar kentang ini dulunya disebut perkedel Kostes. Namun lama-kelamaan orang-orang menyebutnya perkedel Bondon karena perkedel ini hanya dijual menjelang tengah malam. Layaknya “bondon” yang dalam bahasa sunda adalah pelacur. Dulu sebelum krisis moneter, pelanggan perkedel ini kebanyakan wanita-wanita yang pulang dari diskotik. Pada umumnya perkedel dimakan sebagai lauk nasi, namun perkedel bondon yang dijual didaerah stasiun hall selatan initetap enak dimakan langsung ketika hangat.

 

10. Makanan Khas Bandung - Misro

Berbeda dengan Combro, Misro terasa manis didalam. Yap, Misro adalah kependekan dari "Amis dijero" alias manis didalam. Misro biasanya dibuat dari umbi jalar yang dibentuk bulat dengan gula merah didalamnya, kemudian digoreng. Misro ini merupakan salah satu makanan khas dari Bandung dan Jawa Barat

Misro makanan khas Jawa Barat
Misro | gambar : mangcook.com

11. Makanan Khas Bandung - Banros

Bandros adalah merupakan jajanan khas Bandung dan Jawa Barat. Makanan ini bentuknya seperti pukis karena dicetak diatas cetakan yang sama. Hanya saja adonan bandros terbuat dari tepung beras, kelapa parut dan santan. Rasa bandros ada yang manis dan juga asin tergantung selera pemesannya.  Dalam hal Inovasi, bandros saat ini tersedia dalam rasa keju, coklat dan bandros susu.

Bandros Bandung | gambar : kotakami.com

12. Makanan Khas Bandung - Awug Beras

Awug adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras, gula merah dan kelapa muda parut. Di Kota Bandung yang terkenal adalah Awug Cibeunying.


13. Makanan Khas Bandung - Longah / Ali Agrem

Ali Agrem adalah jajanan tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari adonan tepung beras, kelapa parut dan gula merah. Ali Agrem juga dikenal dibeberapa tempat sebagai longah (bolong tengah) karena memang bentuk ali agrem yang bulat dan terdapat lobang ditengahnya seperti cincin.


14. Makanan Khas Bandung - Burayot

Burayot adalah salah satu makanan khas dari Garut Jawa Barat. Burayot merupakan kreasi dan inovasi dari kue ali agrem namun dengan bentuk yang berbeda. Bentuk kue ini seperti namanya adalah "ngaburayot" yang artinya keriput dan menggantung kebawah.

Burayot makanan khas Garut

15. Makanan Khas Bandung -Wajit Cililin

Wajit Cililin merupakan makanan manis yang terbuat dari beras ketan putih, kelapa parut dan gula merah dibungkus dengan kulit jagung. Wajit Cililin berasal dari daerah Cililin Kabupaten Bandung Barat, tapi banyak dijajakan pula di sentra oleh-oleh di Kota Bandung.


16. Makanan Khas Bandung - Basreng

Basreng adalah singkatan dari bakso goreng, kering renyah crispy yang garing kriuk. Basreng terbuat dari baso ikan Tenggiri, bukan baso sapi, yang digoreng garing secara tradisional menggunakan kayu bakar dengan campuran ramuan bahan alami sehingga menghasilkan keripik basreng yang renyah, gurih & tahan lama tanpa menggunakan pengawet serta beraroma khas daun jeruk.Basreng tersedia dalam rasa gurih dan pedas dan merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat.

17. Makanan Khas Bandung - Keripik Tempe

Keripik tempe merupakan makanan khas dari Bandung Jawa Barat. Tempe diiris tipis dan digoreng dengan campuran rempah bumbu menjadikan keripik tempe ini garing, kriuk dan gurih. Keripik tempe ini banyak dijual didaerah terminal leuwipanjang dan Pasar Baru dan diberbagai tempat penjualan oleh-oleh Bandung lain seperti di Cibaduyut, Cihampelas dan Pasteur.

18. Makanan Khas Bandung - Keripik Oncom

Sama dengan keripik tempe, keripik oncom goreng juga banyak dijual di daerah Leuwipanjang, Pasar Baru dan tempat oleh-oleh Cibaduyut, Cihampelas dan Pasteur. Sesuai dengan namanya, keripik oncom dibuat dari bahan oncom yang digoreng tipis.

19. Makanan Khas Bandung - Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung adalah makanan yang khas dari Bandung berupa olahan singkong yang telah difermentasi. Penjual peuyeum Bandung ini banyak terdapat didaerah sentra oleh-oleh. Peuyeum bandung dijual dan dipajangkan dengan cara digantung.

20. Makanan Khas Bandung - Pisang Bolen Kartika Sari

Pisang Bolen memang makanan khas Indonesia tapi kartika sari cuma ada di Bandung. Oleh-oleh khas Bandung ini dapat Sobat beli di toko /outlet kartika sari Dago, Buah batu, Kebon Jukut, Antapani maupun di daerah Cimahi.


21. Makanan Khas Bandung -Brownis Amanda

Selain Bolen Pisang, brownis kukus khas Bandung dengan merk Amanda sudah menjadi salah satu ciri khas oleh-oleh dari Bandung. Selain dioutlet Amanda, brownis kukus Amanda dapat ditemukan juga di sentra oleh-oleh Bandung.


22. Makanan Khas Bandung - Mie Kocok Bandung

Berkunjung ke Bandung harus nyoba lezatnya mie kocok Bandung. Beberapa Mie Kocok Bandung yang terkenal antara lain :
  • Mie Kocok SKM di Jalan Sunda No. 38, 
  • Mie Kocok SKM ini sudah berdiri sejak 1970. 
  • Mie Kocok Mang Dadeng yang berlokasi di Jalan Banten 67 (Dekat Hotel Horizon / RS Muhammadiyah BDG), 
  • Mie Kocok Persib yang berlokasi di Stadion lama Persib Jl A Yani, 
  • Mie Kocok Kemuning Jl. Kemuning No. 20 dan 
  • Mie Kocok Pa Enco yang lokasinya di Depan Toko Kartikasari Kebon Kawung Bandung

23. Makanan Khas Bandung - Lotek

Lotek merupakan makanan khas Bandung dan Jawa Barat pada umumnya. Lotek adalah sayuran yang direbus kemudian diberi bumbu sambal kacang. Adapun memakan lotek bisa dengan lontong maupun nasi tidak lupa pelengkap kerupuknya. Lotek Bandung hampir mirip dengan pecel di daerah Jawa Tengah/Jawa Timur.
Lotek Khas Bandung - gambar : santapsedap.com

24. Makanan Khas Bandung - Karedok

Berbeda dengan lotek, karedok yang juga merupakan makanan khas Jawa Barat menggunakan sayuran mentah sebagai bahannya.


25. Makanan Khas Bandung - Karedok Leunca

Leunca atau Ranti atau dalam bahasa latinnya Solanum Ningrum L. merupakan jenis tanaman terung-terungan yang buahnya dikenal sebagai sayuran maupun obat-obatan. Ditangan orang Bandung, Leunca dapat dibuat karedok yang sedap dan khas Bandung.



26. Makanan Khas Bandung - Tutut

 Tutu adalah sejenis keong yang hidup hanya di air di sawah atau kolam ikan. Ditangan orang sunda, tutut bisa menjadi makanan yang lezat yang dimasak dengan bumbu kuning. Cara memakan tutut disedot satu persatu atau dengan menggunakan tusuk gigi. Penjual tutut Bandung hanya ada di beberapa tempat saja, seperti di Rumah Sosis Lembang, floating market, di pasar kaget daerah Punclut, di jual dimobil diruas jalan Soekarno Hatta Bandung, dan beberapa rumah makan khas Sunda.


27. Makanan Khas Bandung - Nasi Tutug Oncom


Nasi Tutug Oncom atau dalam bahasa Sunda disebut Sangu Tutug Oncom  sering disingkat Nasi T.O adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat. Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya menumbuk. Proses aduk-tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi nama jenis makanan yang dikenal dengan nama tutug oncom.


28. Makanan Khas Bandung - Kupat Tahu


Meskipun namanya kupat tahu, namun sebenarnya isinya bukan hanya ketupat dan tahu, toge pun ada didalamnya. Bumbu kupat tahu ini adalah bumbu kacang dan kerupuk / emping yang menyempurnakan rasa dan penampilan dari ketupat dan tahu tersebut. Kupat tahu banyak dijajakkan di pinggir-pinggir jalan di Bandung pada pagi hari. Ini membuktikan bahwa kupat tahu ini sangat pas sebagai menu sarapan.


29. Makanan Khas Bandung - Ulukutek Leunca

Ulukuteuk Leunca merupakan makanan khas Bandung dan Jawa Barat yang banyak disajikan di rumah makan khas Sunda. Ulukuteuk lenca terbuat dari oncom dan leuncca. Nama ulekutek berasal dari cara pembuatannya dengan cara di ulek atau di tumbuk, sedangkan kutek berasal dari bahasa sunda yang artinya diaduk. Ulekutek oncom memiliki cita rasa yang khas dengan rasa manis, asam, dan gurih.


30. Makanan Khas Bandung - Rujak Cuka

Rujak cuka adalah makanan khas Bandung bahkan ada yang menyebutnya asinanan Bandung. Rujak cuka adalah makanan segar yang terbuat dari aneka sayuran dan buah dengan bumbu rujak yang asam dan pedas.


 

31. Makanan Khas Bandung - Gepuk

Gepuk adalah makanan khas sunda Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah mateng, kemudian di pukul pukul hingga agak empuk. Daging yang sudah empuk direndam kedalam bumbu yang dicampur dengan santan. kemudian direbus kembali hingga air santan menyusut.Kemudian sebelum disajikan, gepuk yang memiliki rasa gurih dan sedikit manis ini digoreng hingga kecoklatan.

32. Makanan Khas Bandung - Nasi Timbel

Nasi Timbel merupakan menu masyarakat Jawa Barat pada umumnya. Nasi Timbel merupakan nasi yang dibungkus daun pisang. Biasanya menu nasi timbel yang disajikan di rumah makan khas sunda merupakan paket menu nasi timbel, ayam, tempe, tahu, ikan asin, sambel dan lalap.

33. Minuman Khas Bandung - Bandrek

Bandrek adalah minuman khas Bandung dan Jawa Barat pada umumnya. Minuman bandrek dibuat dari bahan dasar jahe, gula merah dan rempah-rempah lainnya dengan tujuan untuk menghangatkan badan. Tidak heran jika minum bandrek sangat cocok disajikan pada saat cuaca dingin atau pada musim hujan. Saat ini sudah banyak variasi bandrek instan yang bisa langsung diseduh dengan air panas.

34. Minuman Khas Bandung - Bajigur

Seperti minuman bandrek, bajigur juga merupakan minuman tradisional khas Sunda Jawa Barat. Bahan utamanya adalah gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili. Untuk menikmati secangkir bajigur biasanya ditemani makanan dan kue tradisional seperti katimus, kacang rebus, ubi jalar dan lain-lain.

35. Minuman Khas Bandung - Es Goyobod

Es goyobod adalah minuman dingin khas Jawa Barat. Minuman ini mirip dengan es campur namun dengan tambahan goyobod yang terbuat dari aci kawung. Es Goyobod dapat ditemukan dengan mudah di Kota Bandung.

Es Goyobod
Es Goyobod | gambar :www.resepnikmat.com
Demikian Sobat dapur lover.. 35 makanan dan minuman khas Bandung Jawa Barat. Tentu saja kuliner dan makanan khas di Bandung tidak hanya itu Sobat, tapi masih banyak lagi, misalnya saja olahan tahu yang belum kami ulas, mulai dari tahu lembang, tahu susu, tahu crispy dll. Mungkin lain kali kita akan membahasnya tersendiri.

Semoga informasi mengenai 35 makanan dan minuman khas Bandung Jawa Barat ini bisa jadi referensi bagi Sobat yang mau liburan ke Bandung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "35 Makanan dan Minuman Khas Bandung"

Poskan Komentar