25 Makanan Khas Jawa Timur

25 Makanan Khas Jawa Timur | dapurkita.my.id - Hai Sahabat Dapur Lover.... :) Pie Kabare? Apa Kabar? Semoga Sobat semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat ya, karena kali ini kita akan jalan-jalan ke Jawa Timur. Disini kita akan mencari tahu apa saja makanan khas Jawa Timur yang enak dan wajib Sahabat coba jika berkunjung ke Provinsi Jawa Timur. Makanan Khas Jawa Timur sangat banyak Sahabat, tapi dapurkita akan mencoba sharing makanan khas Jawa Timur yang betul-betul terkenal dan banyak dicari :D

Jawa Timur adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa. Jawa Timur memiliki luas wilayah 47.922 km² dan merupakan wilayah terluas dari 6 Provinsi yang ada di Pulau Jawa. Provinsi yang beribukota di Kota Surabaya ini memiliki banyak seni dan tradisi yang menarik. Dan tentu untuk Sahabat yang berkunjung ke Jawa Timur, tidak boleh melewatkan wisata kuliner khas Jawa Timur. Dan berikut ini adalah daftar makanan khas Jawa Timur yang wajib Sahabat coba :

1. Makanan Khas Jawa Timur - Rujak Cingur

Pertama-tama kita akan berkunjung ke Kota Surabaya dengan makanan khasnya yaitu Rujak Cingur. Apabila Sahabat penasaran dengan arti kata Cingur, bisa mengunjungi situs KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dimana Cingur diartikan sebagai hidung dan bibir atas kerbau atau sapi. Yap! Cingur disini memang merujuk pada irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampur dengan hidangan yang dibuat rujak khas Surabaya Jawa Timur. 

Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, kerahi (krai, yaitu sejenis timun khas Jawa Timur), bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, cingur, serta sayuran seperti kecambah atau taoge, kangkung, dan kacang panjang.

Semua bahan diatas dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diulek, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak ulek.

Dalam penyajiannya, rujak cingur khas Surabaya Jawa Timur ini bisa dihidangkan biasa maupun matengan. Rujak Cingur biasa berarti sayuran yang disajikan masih mentah, sedangkan matengan artinya sayuran yang dibuat rujak cingur sudah direbus matang terlebih dahulu. Rujak Cingur disajikan bersama tambahan kerupuk diatas pincuk (alas daun pisang) dan atau piring.

Rujak Cingur

2. Makanan Khas Jawa Timur - Pecel Semanggi

Semanggi adalah sekelompok paku air (Salviniales) dari marga Marsilea, dimana tumbuhan ini mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Semanggi M. crenata diketahui mengandung fitoestrogen (estrogen tumbuhan) yang berpotensi mencegah osteoporesis. Tumbuhan ini juga berpotensi sebagai tumbuhan bioremediasi, karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb. Kemampuan ini perlu diwaspadai dalam penggunaan daun semanggi sebagai bahan makanan, terutama bila daunnya diambil dari lahan tercemar logam berat. Selain di Jawa Timur, Organ penyimpan spora (disebut sporokarp) M. drummondii juga dimanfaatkan oleh penduduk asli Australia (aborigin) sebagai bahan makanan.

Di Jawa Timur sendiri, semanggi diolah menjadi makanan khas Jawa Timur yaitu berupa pecel semanggi.  Semanggi atau Pecel Semanggi adalah sejenis makanan khas Surabaya, Jawa Timur. Pecel Semanggi ini dibuat dari daun semanggi yang dikukus dan kemudian dinikmati dengan sambal pedas yang nikmat. Semanggi juga dapat dihidangkan dengan kecambah, kangkung, kerupuk uli yang terbuat dari beras, serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Saus atau bumbu yang digunakan dalam makanan semanggi memiliki bahan baku serta rasa yang berbeda.

Pecel Semanggi - Gambar : beehijab.com

3. Makanan Khas Jawa Timur - Lontong Balap

Lontong Balap adalah makanan tradisional khas Surabaya Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Lontong balap terdiri dari lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong ini ditumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari yang terbuat dari kacang tolo atau kacang hijau), kemudian di atasnya ditumpangi kecambah setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diambilkan kuah secukupnya, sambal dan kecap disesuaikan selera pembeli. Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu, beberapa tusuk sate kerang.

Disebut "Balap" konon ceritanya pada zaman dahulu para penjual lontong ini berebut pembeli dijalan dan di pasar. Sehingga para penjual terkesan balapan untuk mencapai pos terakhir (pasar wonokromo), maka terkenalah istilah lontong balap.

Lontong Balap - Gambar : jejakwisata.com

4. Makanan Khas Jawa Timur - Sate Kerang

Sate Kerang | Gambar http://satejava.blogspot.co.id
Walaupun namanya sate, tapi sate kerang khas Jawa Timur ini tidak sama dengan sate kebanyakan yang dimatangkan dengan cara dipanggang diatas bara api. Sate kerang yang merupakan makanan khas Jawa Timur dimasak dengan cara direbus, kemudian ditumis menggunakan bumbu-bumbu khusus khas Jawa Timur. 
Sate Kerang disajikan bersama dengan lontong balap yang juga merupakan makanan khas Jawa Timur.

5. Makanan Khas Jawa Timur - Lontong Kupang

Lontong Kupang adalah makanan khas Jawa Timur yang terkenal khususnya di daerah Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan. Di daerah pesisir Jawa Timur, lontong kupang atau kupang lontong yang terkenal adalah kupang keraton.

Lontong Kupang | Gambar : negerikuindonesia.com

Bahan utama yang digunakan adalah kupang putih (Corbula faba H), yaitu hewan laut semacam kerang bentuknya kecil sebesar antara biji beras dan biji kedelai. Kupang yang telah dikupas dan dimasak, ditambahkan lontong dan lentho, kemudian diberi kuah petis dan sedikit perasan jeruk nipis. Untuk menghidangkan biasanya dipadukan dengan sate kerang, serta minuman air kelapa muda atau degan.

6. Makanan Khas Jawa Timur - Nasi Pecel Madiun

Makanan Khas Jawa Timur selanjutnya dikenal dengan nama pecel madiun. Sesuai dengan namanya, pecel ( pecal) ini berasal dari Madiun Jawa Timur. Pecel sendiri merupakan makanan tradisional yang dibuat dari berbagai sayuran yang direbus kemudian diberikan bumbu sambel kacang.

Nasi Pecel Madiun | Gambar : MasakanDapurku.com


Adapun sayuran yang dihidangkan antara lain kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi. Pecel biasanya disajikan dalam pincuk atau piring lidi yang disebut ingke.

7. Makanan Khas Jawa Timur - Soto Lamongan

Soto adalah makanan yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun soto lamongan adalah soto khas dari daerah Lamongan Jawa Timur. Walaupun soto ini banyak juga dijual diberbagai daerah / kota besar di Indonesia, namun ke khasan rasa dan penampilan soto lamongan menjadi variasi tersendiri serta memperkaya keanekaragaman soto di Indonesia.


Soto lamongan sendiri merupakan makanan berkuah kuning dengan bahan utama berupa ayam dan sayuran kol dan touge dan air perasan jeruk nipis.

8. Makanan Khas Jawa Timur - Nasi Krawu

Nasi Krawu adalah makanan khas Jawa Timur yang berasal dari Gresik.
Cirinya adalah nasinya yang pulen dan disajikan dengan daun pisang. Lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng.
Nasi Krawu | gambar : tokomesin.com

9. Makanan Khas Jawa Timur - Rawon

Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang mengandung kluwek. Rawon dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, walaupun makanan ini juga terkenal di daerah Surakarta Jawa Tengah. Rawon merupakan olahan dari Jawa Timur yang terbuat dari bahan daging sapi yang dipotong kecil-kecil dengan bumbu berupa campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati. Semua bahan ini dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek / kepayang atau orang sunda menyebut dengan picung atau pucung, sedangkan orang Toraja menyebut dengan Pamarrasan. Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.


10. Makanan Khas Jawa Timur - Sego Tepong

Apabila kita mengenal nasi timbel makanan khas Jawa Barat, kali ini kita akan mengenal kuliner khas Banyuwangi Jawa Timur. Sego tepong atau nasi tepong adalah makanan khas Jawa Timur yang terdiri dari nasi panas, sayuran rebus, gorengan tahu, tempe, ikan asin, dadar jagung yang dilengkapi dengan sambal mentah yang super pedas. Sambal inilah yang menjadi ciri khas dari sego tepong. Sambal yang diracik secara khusus menggunakan cabe rawit mentah dan tomat sayur, saking pedasnya orang yang sudah makan nasi tepong terasa di-"tempong"atau ditampar/ditempeleng. Kuliner sego tepong ini terkenal dan bisa dijumpai di daerah Banyuwangi Jawa Timur.

Sego Tepong Banyuwangi | gambar : banyuwangibagus.com

11. Makanan Khas Jawa Timur - Rujak Soto


Rujak Soto | Gambar : id.wikipedia.org

Masih di Banyunwangi, ada makanan yang dikenal dengan nama Rujak Soto. Rujak Soto adalah merupakan paduan unik antara rujak sayur dengan soto, bisa soto daging (daging sapi) atau sato babat. Bahkan ada yang memadukan dengan soto ayam atau soto ceker (kaki ayam), ini biasa dilakukan sebagai alternatif ketika ingin menikmati rujak soto tetapi harga daging sedang melambung.
Biasanya rujak disajikan terlebih dahulu, kemudian disiram dengan kuah soto berikut dagingnya. Rasanya juga khas, ada unsur soto sekaligus rasa rujak dengan aroma terasinya. Rujak soto kadang disajikan dengan es temulawak.

12. Makanan Khas Jawa Timur - Pecel Rawon

Satu lagi makanan Khas Jawa Timur yang berasal dari daerah Banyuwangi adalah Pecel Rawon. Sesuai dengan namanya, makanan ini merupakan perpaduan antara nasi pecel dengan rawon yang sudah kita bahas diatas.

Nasi Pecel Rawon adalah nasi pecel yang diberi kuah rawon. Perpaduan Pecel dan Rawon tidak membuat rasa khas pecel dan rawon menghilang, bahkan semakin nikmat ketika bersatu.

Pecel Rawon | gambar : http://kuliner.panduanwisata.id/

13. Makanan Khas Jawa Timur -Sego Becek

Sego Becek adalah makanan khas dari Nganjuk Jawa Timur. Sego dalam bahasa jawa artinya adalah Nasi. Nasi Becek atau Sego Becek ini adalah hidangan yang mirip dengan gulai, kare kambing khas wilayah Mataraman. Isi dari sego becek nyaris serupa dengan soto babat atau gulai khas Ponorogo dan sekitarnya, namun diberi potongan sate kambing yang telah dilucuti dari tusuk satenya. Daging yang dipilih adalah daging kambing. Tidak lupa diberi potongan bawang merah, kecambah yang menambah kenikmatan rasa hidangan ini.

Penjual Sego Becek | gambar : surabayaonline.co-edo

14. Makanan Khas Jawa Timur - Kare Ranjungan

Kare Ranjungan adalah makanan khas Tuban Jawa Timur. Ranjungan sendiri merupakan hewan sejenis kepiting yang sepenuhnya hidup di laut. Di tangan pecinta kuliner tuban, ranjungan ini diolah menjadi kare ranjungan yang merupakan makanan bersantan dengan bahan utama ranjungan.

15. Makanan Khas Jawa Timur - Tahu Campur Lamongan

Kembali ke Lamongan, ada tahu campur lamongan yang merupakan makanan khas dari daerah Lamongan Jawa Timur. Tahu campur terdiri dari sop daging sapi kenyal, tahu goreng, perkedel singkong, taoge segar, selada air segar, mi kuning, dan kerupuk udang. Semua ini kemudian dicampurkan ke bumbu petis, bawang goreng, dan sambal. Masakan ini banyak dijual di warung kaki lima dengan label "Tahu Campur Lamongan".



16. Makanan Khas Jawa Timur - Gethuk Pisang

Gethuk pada umumnya dibuat dari Singkong, tapi makanan dan camilan khas Kediri Jawa Timur ini dibuat dari pisang. Pisang yang digunakan pun dipilih jenis pisang raja nangka. Pisang raja nangka dipilih karena memiliki citarasa yang khas, berbeda dengan pisang pada umumnya. Rasa manis-asam yang khas, dan teksturnya yang agak keras membuat jenis pisang ini tidak lembek ketika dikukus.



17. Makanan Khas Jawa Timur - Brem

Brem adalah oleh-oleh camilan dari Madiun, merupakan makanan yang berasal dari sari ketan yang dimasak dan dikeringkan, merupakan hasil dari fermentasi ketan hitam yang diambil sarinya saja yang kemudian diendapkan dalam waktu sekitar sehari semalam.


18. Makanan Khas Jawa Timur - Wingko Babat


Wingko atau disebut Wingko Babat adalah makanan khas Madiun. Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Wingko biasanya berbentuk bundar biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko dapat dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat. Harga kue ini dapat bervariasi tergantung tempat menjualnya dan merek wingko ini.

Wingko tidak hanya dapat ditemukan di Jawa Timur, akan tetapi wingko adalah makanan khas Jawa Timur yaitu berasal dari daerah Babat, Lamongan, Jawa Timur.

19. Makanan Khas Jawa Timur - Suwar Suwir

Suwar-suwir merupakan makanan ringan (camilan) yang berasal dari Kabupaten Jember, Jawa Timur. Suwar suwir sendiri terbuat dari tape (fermentasi dari singkong) yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi makanan ringan. Bentuk suwar-suwir persegi panjang yang berukuran 3-4 sentimeter. Suwar-suwir terdiri dari berbagai macam rasa. Mulanya suwar-suwir hanya ada rasa cokelat dan vanili. Namun sejak tahun 2000-an, jajanan khas Jember ini mulai dikreasikan dengan bermacam-macam rasa buah serta berwarna-warni. Ada rasa durian, nanas, mangga, jeruk, apel, semangka, melon, anggur, pepaya, strawberry, sirsak, pandan, vanili, dan juga coklat. Bentuk dan rasa suwar-suwir hampir mirip dengan dodol, namun suwar suwir lebih manis dan legit, suwar-suwir juga memiliki tekstur yang lebih keras dan pada.


20. Makanan Khas Jawa Timur - Proll Tape

Proll tape merupakan kue dan makanan yang menjadi ciri khas Kabupaten Jember, Jawa Timur. Makanan ini diolah dari bahan dasar tape yang sangat manis. Untuk Sobat dapur lover yang ingin mencoba, bisa membuat sendiri karena dapurkita sudah pernah menulis resep proll tape ini.


 

21. Minuman Khas Jawa Timur - Jenang Syabun

Makanan Khas Jawa Timur selanjutnya bernama jenang syabun, tapi bukan berarti dibuat dari Sabun lho Sobat... :D Makanan ini diolah dari ketan dipadukan dengan gula jawa dan gula pasir serupa dengan dodol. Jenang syabun adalah makanan khas dari daerah Sembung, Tulungagung, Jawa Timur.

Jenang Syabun | gambar : http://www.rradio.co.id

22. Makanan Khas Jawa Timur - Menjes Malang

Menjes Malang adalah makanan khas dari Malang, Jawa Timur. Menjes ini merupakan ampas tahu yg difermentasikan spt membuat tempe biasa, bentuknya balok dan memiliki tekstur yang lembut empuk. Biasanya Menjes digoreng dalam balutan tepung berbumbu rempeyek (kunyit, bawangputih, daunjeruk, kemiri, ketumbar) atau bisa juga digoreng berbalut tepung berbumbu mendoan (bawang putih, kencur, ketumbar).
Menjes Malang | gambar : http://makananindonesia-top.blogspot.co.id

23. Makanan Khas Jawa Timur - Tajin Sobih

Saatnya menyebrang ke Madura nih Sob, di Madura ada makanan khas bernama Tajin Sobih. Tajin Sobih atau Bubur Sobih ini merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Kabupaten Bangkalan. Tepatnya berasal dari Desa Sobih Salah satu desa kecil yang terletak di Kecamatan Bangkalan. Sebagian besar penjual Tajin Sobih ini memang datang langsung dari Desa Sobih itulah mengapa dinamakan Tajin Sobih.

Tajin Sobih | gambar : http://www.pulaumadura.com

24. Makanan Khas Jawa Timur - Puthu Lanang

Kue Puthu adalah makanan tradisional yang terbuat dari butiras kasar beras yang diisi gula merah dan disajikan bersama parutan kelapa. Kue Puthu atau putu ini sudah menyebar ke berbagai pelosok di Indonesia, tapi di Malang dikenal makanan khas putu yang disebut Puthu Lanang.

Penjual Puthu Lanang | gambar : http://halomalang.com


20. Minuman Khas Jawa Timur - Kerupuk Ikan Kenjeran

Makanan yang terakhir ini merupakan oleh-oleh khas Jawa Timur khususnya Surabaya, yaitu kawasan Pantai Kenjeran, semakin dekat ke pantai tersebut Anda akan mencium aroma kerupuk ikan yang semakin kuat. Ini wajar mengingat Kerupuk Ikan Kenjeran juga dijual dalam kemasan siap makan selain juga dipasarkan dalam kondisi mentah. Oleh-oleh khas Surabaya yang satu ini terdiri dari beberapa varian warna, tergantung dari bahan utamanya. Misalnya, jika warna kerupuk sedikit kehitaman, biasanya dibuat dari bahan dasar cumi, kerupuk warna cokelat berarti kerupuk kerang, atau kerupuk warna hijau terbuat dari rumput laut.

Penjual Kerupuk Ikan Kenjeran | gambar : http://www.initempatwisata.com
Demikian Sahabat dapur lover, 25 makanan khas Jawa Timur yang bisa kami bagikan infonya kali ini. Semoga bermanfaat ya Sobat... sampai jumpa dengan makanan khas daerah lainnya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "25 Makanan Khas Jawa Timur"

Poskan Komentar