Resep dan Cara Membuat Jajanan Tradisional Cenil

Resep dan Cara Membuat Jajanan Tradisional Cenil | DapurKita - Kalau pulang ke kampung halaman, saya selalu menyempatkan diri untuk pergi ke pasar tradisional yang ada di kampung. Dan biasanya pula, jajanan tradisional yang ada dipasar tersebut selalu kami serbu sekeluarga. Mulai dari Cenil, Mbakwan, klepon, gatot, nagasari dll. Bagaimana dengan Sobat? Apakah juga sama penikmat jajanan tradisional?


Nah, kali ini kita akan mencoba resep dan cara membuat jajanan tradisional yaitu Cenil. Resep ini penulis dapatkan dari http://id.resepmasaktradisional.com. Jadi penasaran, ayo langsung saja Bunda kita praktek cara membuat jajanan tradisional cenil ini.


Bahan untuk jajanan tradisional cenil :
  • 2000 ml air, untuk merebus
  • 400 gram tepung kanji.
  • 275 ml air.
  • 200 gram air daun pandan.
  • 8 lembar daun pandan, dipotong-potong.
  • Pewarna makanan, warna merah, kuning, hijau.
  • Garam secukupnya.
Bahan untuk taburan jajanan tradisional cenil :
  • 1/2 butir kelapa setengah tua , dikupas , diparut , dikukus dengan garam.
  • 6 sendok makan gula pasir.
 
Cara membuat dan memasak jajanan tradisional cenil :

  1. Campur dan Larutkan 50 gram tepung kanji dengan 60 ml air, aduk rata, sisihkan. Didihkan sisa air dengan garam di atas api sedang. Kemudian masukkan larutan tepung kanji sambil diaduk rata sampai adonan mengental, lalu angkat.
  2. Aduk rata sampai adonan mengental dan agak dingin, Campurkan sedikit-demi sedikit sisa tepung kanji kedalamnya. Uleni hingga rata, Kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian, masing-masing diberi pewarna, merah, kuning, hijau, aduk rata.
  3. Ambil 1 sendok makan adonan merah, kuning, hijau. Rekatkan menjadi satu bagian, kemudian gulung membentuk panjang sebesar kelingking dan potong-potong dengan ukuran 3 cm, selesaikan sampai semua adonan habis.
  4. Selanjutnya masukkan air dan daun pandan kedalam panci, jerang di atas api, masak sampai mendidih, lalu kecilkan api, tutup panci. Masak sampai aroma pandan terserap oleh air. Buang daun pandan, lanjutkan memasak sampai air mendidih.
  5. Masukkan adonan yang sudah dipotong-potong ke dalam air pandan dan masak sampai adonan mengapung (kurang lebih selama 5 menit) lalu angkat.
  6. Terakhir Guling-gulingkan adonan ke dalam parutan kelapa yang sudah dicampur dengan garam, kue cenil siap dihidangkan.

Loading...

Belum ada Komentar untuk "Resep dan Cara Membuat Jajanan Tradisional Cenil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel