Resep Combro Ngepros dan Enak

Resep Combro Ngepros dan Enak | Dapurkita.my.id - Combro atau comro adalah salah satu makanan dari 35 makanan khas Bandung yang sudah sangat terkenal. Tidak hanya di Jawa Barat saja, makanan combro yang ngepros alias renyah dan enak ini juga sudah dikenal didaerah lain di pelosok nusantara.

Kerenyahan combro makanan khas Jawa Barat ini bisa menggoyang lidah, apalagi ditambah adonan oncomnya sedikit pedas dibalut rasa gurihnya parutan singkong dan kelapa, makin membuat lidah ketagihan. Banyak dari Ibu-ibu dan barangkali Sobat Dapur Lover yang penasaran bagaimana resep cara membuat combro yang ngepros, renyah dan enak ini.

Resep Combro atau comro ini memang dibuat dari adonan singkong parut dicampur dengan kelapa parut yang digoreng garing, dengan isi berupa oncom yang dicampur rempah dan bumbu lainnya. Dijamin resep combro ini bikin ketagihan Bunda, karena hasilnya begitu renyah dan gurih. Untuk Bunda dan Sobat dapur lover yang penasaran resep combro ini jangan kuatir, sebab dapurkita.my.id kali ini akan berbagi resep combro dan cara membuat combro yang ngepros, combro yang gurih dan renyah, combro pedas yang enak dan menggoyang lidah.

Dibawah ini mari kita sama-sama coba resep combro ngepros yang pedas dan enak untuk dicoba :

Resep Combro Ngepros dan Enak

  1. Bahan - Bahan Resep Combro Ngepros dan Enak

  1. Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat combro ngepros dan enak ini adalah singkong kualitas bagus kurang lebih sebanyak satu kilogram. Cuci dulu sampai bersih lalu parut singkong dengan parutan biasa hingga halus dan kemudian peras dahulu airnya dan didiamkan hingga dapat diambil endapannya saja supaya saat digoreng nanti lebih renyah dan enak. 
  2. Buah kelapa yang tidak terlalu tua kurang lebih sebanyak 100 gram. Parut kelapa juga sampai halus sebelum di campur dengan bahan adonan lain. 
  3. Garam dapur secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak satu sendok kecil.Jangan lupa Bunda untuk selalu menggunakan garam beryodium untuk menghasilkan makanan keluarga yang lebih sehat.
  4. Tepung Kanji / Aci atau disebut juga tepung sagu kurang lebih sebanyak 2 sendok makan. 
  5. Minyak goreng baru yang memiliki kualitas bagus, secukupnya saja ya Bunda untuk menggoreng dan menumis combronya nanti. 

2. Bahan Isian Combro Ngepros dan Enak

Untuk membuat isian combro yang enak dan sedikit pedas, siapkan bahan-bahan resep combro ngepros dan enak dibawah ini :
  1. Bawang merah ukuran sedang besar sebanyak kurang lebih 2 siung. Jangan lupa kupas terlebih dahulu kulitnya sebelum digunakan.
  2. Oncom merah yang terbuat dari fermentasi jamur kurang lebih sebanyak 250 gram. Potong -potong kecil lalu tumbuk/hancurkan oncom sampai halus sebelum dicampur dengan bahan resep combro lainnya.
  3. Bawang putih lokal ukuran sedang sebanyak 2 siung. Kupas kulitnya sebelum digunakan untuk bumbu resep combro lainnya
  4. Merica halus atau bubuk kurang lebih sebanyak satu sendok teh.
  5. Daun bawang segar sebanyak 1 daun saja. Cuci bersih lalu potong potong kecil atau dirajang.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  7. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera.
  8. Buah cabai merah segar secukupnya sesuai selera dan tingkat kepedasan yang diinginkan

3. Cara Membuat Combro Ngepros dan Enak

Nah setelah semua bahan dipersiapkan, sekarang saatnya kita membuat resep combro ngepros dan enak ya Sobat :

  • Ambil baskom atau wadah yang cukup besar untuk tempat adonan Combronya.
  • Ambil parutan singkong dan endapan air perasan singkong tadi, lalu campur dengan parutan buah kelapanya. Aduk aduk dengan menggunakan tangan (diuleni) sampai kedua bahan benar benar tercampur rata.
  • Masukkan tepung kanji atau tepung sagu dan garam yang sudah dipersiapkan ke dalam wadah diatas. Aduk aduk supaya bahan tercampur rata.
  • Masukkan daun bawang yang sudah diiris sebelumnya ke dalamnya dan aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata.
  • Tiriskan kembali adonanan diatas karena biasanya masih ada sisa airnya.
  • Ambil satu lagi wadah untuk membuat bahan isian kue combro ngepros dan enak.
  • Haluskan bahan untuk membuat isiannya seperti bawang merah, 2 siung bawang putih dan cabai merahnya sampai halus.
  • Panaskan wajan penggorengan dan beri sedikit minyak untuk menumis. Masukkan bumbu untuk adonan oncom diatas dan tumis sampai tercium bau harum. Jangan lupa sesekali diaduk supaya tidak gosong ya Bunda :D
  • Setelah bumbu dirasa matang, masukkan oncom yang sudah dihaluskan ke dalam penggorengan lalu aduk aduk lagi supaya tercampur rata.
  • Kemudian masukkan merica halus, gula pasir putih, daun bawang yang sudah diiris dan tambahkan garam dapur beryodium. Aduk aduk lagi supaya tidak gosong dan tumis semua bahan tersebut sampai matang. Angkat isian oncomnya dan diamkan sebentar.
  • Ambil adonan combro singkongnya secukupnya atau kurang lebih sekepalan tangan. Bentuk bulat dan kemudian pipihkan adonan tadi. Ambil isian oncom yang sudah matang diatas secukupnya dan masukkan kedalam combro yang sudah dipipihkan diatas lalu tutup dan bentuk adonan sesuai yang diinginkan atau biasanya berbentuk agak lonjong.
  • Siapkan penggorengan dengan api sedang dan beri minyak goreng baru secukupnya.
  • Masukkan adonan combro ke dalamnya satu persatu dan goreng sampai matang dan berwarna kecoklatan. Ulangi sampai semua bahan habis.
  • Akhirnya Combro ngepros dan enak pun siap dihidangkan.
Demikian Sobat Lover resep combro ngepros dan enak yang dapat kami sampaikan di dapurkita.my.id. Semoga Sobat dan Bunda dimana saja bisa mempraktekannya dengan mudah, dan tentu saja combro yang dihasilkan akan sesuai dengan harapan resep combro ngepros dan enak.
 

Loading...

Belum ada Komentar untuk "Resep Combro Ngepros dan Enak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel