Resep dan Cara Membuat Jagung Bose

Resep dan Cara Membuat Jagung Bose | DapurKita - Jagung Bose adalah nama makanan khas Nusa Tenggara Timur. Makanan tradisi masyarakat ini terbuat dari bahan utama berupa jagung. Jika kebetulan Sobat mengunjungi NTT dan disuguhi jagung bose, sebaiknya jangan ditolak walaupun Sobat kurang menyukainya. Karena jagung bose ini hanya disuguhkan kepada tamu yang dihormati.

Sedangkan untuk Sobat yang belum berkesempatan berkunjung ke NTT, jangan kuatir. Kami akan mencoba memberikan gambaran resep dan cara membuat jagung bose khas NTT, walaupun untuk membuatnya cukup repot dimana jagung harus dibuat kulitna dengan cara ditumbuk dan ditambah sedikit air.



Bahan Resep Jagung Bose :


250 gr biji jagung yang tua
500 cc santan
½ sdt garam
50 gr kacang hijau
50 gr kacang tolo
3 lb daun labu, potong-potong

Cara membuat Resep Jagung Bose(Timor):


  • Cuci jagung, kemudian rendam dengan air bersih semalaman. Kemudian gosok-gosok jagung pada tampan hingga kulitnya terlepas (yang terlihat hanya jagung putihnya saja).
  • Rebus hingga lunak kacang-kacangan yang ingin dicampurkan dalam jagung bose. Sperti kacang hijau, kacang tanah dan juga data ditambahkan dengan kacang nasi, bersamaan dengan jagung yang telah dibersihkan tadi.
  • Masukan santan secukupnya dan aduk hingga masak.
  • Garam dapat ditambahkan langsung pada saat masakan jagung bose masih dalam keadaan dimasak, ataupun dapat ditambahkan saat jagung bose siap disajiakan agar sesuai dengan keinginan.

Loading...

Belum ada Komentar untuk "Resep dan Cara Membuat Jagung Bose"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel