Resep Topak Ladeh Khas Bangkalan Madura

Resep Topak Ladeh Khas Bangkalan Madura | DapurKita - Topak Ladeh adalah makanan khas Madura dengan bahan utama daging. Makanan khas Kota Bangkalan ini biasanya disajikan pada tradisi Tellasen Topa', yaitu tradisi perayaan masyarakat Bangkalan ketika selesai melaksanakan shaum di bulan ramadhan dan puasa sunnah 6 hari setelah hari raya Idul Fitri.

Seperti umumnya masyarakat muslim Indonesia yang merayakan hari raya Idul Fitri dengan menghidangkan ketupat lebaran lengkap dengan lauk pauknya, masyarakat Bangkalan Madura pun menghidangkan ketupat tersebut dengan makanan pendamping yang diantaranya ada Topak Ladeh.

Topak Ladeh merupakan jenis makanan berkuah yang terdiri dari irisan daging, telur dan jeroan Sapi, bagi sebagian orang jeroan sapi bisa juga di gantikan dengan daging ayam. Selain itu, di dalam Topa’ Ladeh terdapat potongan kacang panjang yang sengaja di ikat dengan tali janur dan potongan sayur pepaya muda yang sudah di kukus.

Kali ini DapurKita memiliki resep Topak Ladeh Khas Bangkalan Madura. Jadi untuk Sobat yang penasaran dengan masakan khas Madura ini, bisa mencobanya dirumah.

Baca Juga : 25 Makanan Khas Jawa Timur

Resep Topak Ladeh Khas Bangkalan Madura

Bahan Topak Ladeh I :
- 1 Kg Daging Sapi segar
- ½ Kg Kacang Panjang
- 2 buah Kelapa
- ½ Kg Telur Ayam
- 1 Kg sayur Manisa
- ½ Kg Jeroan
- Santan Kelapa 400 Ml

Bahan Topak Ladeh II :
- 15 biji Bawang Merah
- 5 biji Bawang Putih
- 10 biji Cabe Merah besar di buang bijinya
- Kunyit sebesar ibu jari
- Lengkuas ukuran dua ibu jari
- Kunci seruas
- Tiga butir Kencur
- Kayu Manis seruas
- Ketumbar ukuran 3 sendok makan
- Jinten ukuran 1 sendok makan
- Merica ukuran 1 sendok teh
- Jahe seruas
- 1 butir Pala
- 2 batang Serai Digeprek
- 5 Lembar Daun Jeruk Purut
- Garam secukupnya
- Penyedap bumbu
- Bawang Goreng untuk taburan

Bahan Topak Ladeh III (Sambal Kacang Panjang) :
- 1 Ons Biji Kacang Panjang

Cara Membuat Resep Topak Ladeh Khas Bangkalan Madura

Langkah Pertama :
  1. Daging beserta Jeroan di masak sampai empuk, setelah itu Daging dan Jeroan di potong. Bila anda menggunakan Usus, Usus di ikat dengan tali Rafia fungsinya supaya isi Usus tidak keluar. Sisa air rebusan Daging dan Jeroan di simpan untuk di jadikan kaldu.

  2. Telur Ayam di kukus hingga matang, lalu angkat dan kupas telur hingga bersih kemudian telur di goreng.
  3. Sayur Kacang Panjang di potong dengan ukuran sekitar 6 cm, kemudian di ikat dan masing – masing ikatannya di isi 5 potong sayur Kacang Panjang kemudian di kukus hingga matang cukup 10 menit saja.
  4. Sayur Manisa di kukus, di potong sesuai selera tapi biasanya tidak terlalu kecil ukurannya.

Langkah Kedua :
  1. Kelapa di parut kemudian di goreng kering tanpa minyak sampai Kelapa berubah warna menjadi coklat tua.
  2. Ketumbar, Jinten, Merica di goreng kering tanpa minyak (di sangrai ) sampai harum kira – kira dua menit saja dengan api kecil. Sisihkan dulu.
Kemudian campur Kelapa yang sudah di goreng tadi dengan Ketumbar, Jinten, Merica yang juga sudah di goreng. Setelah dua bahan tersebut tercampur biasanya masyarakat Bangkalan memiliki kebiasaan menghaluskan dengan cara di tumbuk, namun jika anda tidak ingin repot dan merasa capek anda cukup menggilingnya saja. Tergantung anda memilih cara yang bagaimana, yang penting Kelapa di haluskan sampai mengeluarkan minyak.

Langkah Ketiga :
1. Bawang Merah, Bawang Putih, Lengkuas, Kunyit, Kencur, Jahe di goreng setengah matang, kemudian di haluskan.

2. Setelah halus bumbu kembali di goreng sampai benar – benar matang.

Langkah Keempat :
Biji Kacang Panjang di sangrai hingga kering kemudian di haluskan dengan cara di tumbuk atau di giling campuri garam dan bumbu penyedap agar rasanya nikmat.

Langkah Kelima :
Siapkan Panci besar ukuran 2 Kg, masukkan kaldu daging sisa rebusan tadi, Potongan Daging dan Jeroan, masukkan bumbu kelapa yang sudah di haluskan tadi, masukkan bumbu merah yang sudah di goreng sampai benar – benar matang, Serai, Kayu Manis, Daun Jeruk Purut, Pala masak menjadi satu. Setelah mendidih tambahkan penyedap sesuai selera kemudian masukkan santan kelapa lalu masak hingga matang.

Cara Penyajian Topak Ladeh:


Dalam satu piring tata irisan Ketupat sebanyak delapan irisan bisa juga sesuai selera, taruh masing masing dua iris Daging dan Jeroan, tata juga irisan sayur Manisa, irisan telur goreng, satu ikat Sayur Kacang Panjang kemudian siram dengan kuah Topak Ladeh lalu taburi bawang goreng, sediakan Sambal Kacang Hijau di samping piring. Topak Ladeh pun siap di sajikan di atas meja.



Demikian Sobat DapurKita, resep masakan kuliner nusantara Topak Ladeh, yaitu makanan khas Kota Bangkalan Madura. Selamat mencoba

Referensi :
http://www.pulaumadura.com

Loading...

Belum ada Komentar untuk "Resep Topak Ladeh Khas Bangkalan Madura"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel