Nasi Serpang Khas Bangkalan Madura | Dapur Kita

Nasi Serpang Khas Bangkalan Madura

Posted by

Nasi Serpang Khas Bangkalan Madura | DapurKita - Selain Nasi Krawu, Jawa Timur masih memiliki 1 makanan / kuliner khas yang menjadi ciri khas daerah tempat tradisi Karapan Sapi berasal. Makanan tersebut adalah Nasi Serpang yang merupakan kuliner Khas Bangkalan Madura.

Nasi Serpang yang merupakan kuliner khas Kota Bangkalan, Madura, Jawa Timur sekilas seperti nasi campur pada umumnya, yaitu hidangan nasi dengan beberapa lauk pauknya. Namun apabila kita teliti lagi memang nasi serpang ini memiliki ciri khas yang membedakan dengan kuliner sejenis dari berbagai wilayah di Indonesia.

Keistimewaan Nasi Serpang

Nasi yang digunakan pada Nasi Serpang sangat pulen hingga sangat nyaman dan lembut saat di kunyah di dalam mulut di tambah perpaduan lauknya yang pas sekali, seperti soun (mie lembut), pepes ikan cakalan, potongan telur asin, kerang yang telah di bumbuhi, sambel terasi, di tambah kuah santan berisi potongan tahu lembut serta kerupuk kulit sapi yang sudah di goreng, rempeyek gurih menambah gereget di lidah dan yang paling istimewa adalah penambahan Dendeng Sapi.
nasi serpang khas Bangkalan Madura
Nasi Serpang Khas Bangkalan - Madura

Asal Usul Nasi Serpang dan Lokasi Penjual Nasi Serpang

Asal Usul nasi serpang ini berasal dari sebuah dusun di Desa  Sabiyan, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan Madura. Yang pertama kali berjualan nasi Serpang di dusun ini adalah Almh. Ibu Haji Turah. Setelah Beliau wafat, usaha nasi serpang diteruskan oleh 4 orang anaknya yang kemudian berjualan di beberapa tempat di kota Bangkalan, yaitu :
  1. Haji Safiyah, berlokasi di depan Aula PKPN Bangkalan
  2. Linda salah satu penjual termuda, yang berjualan di dekat Kantor Pegadaian Bangkalan
  3. Haji Sumiah, berjualan di depan toko mas Peni Bangkalan
  4. Maryani, berjualan di lokasi : depan Toko Gas Elpiji Bangkalan
Semuanya  terletak hampir berjejer di sebuah kawasan Pecinan Bangkalan, di tengah Kota Bangkalan

Harga Nasi Serpang

Untuk urusan harga Nasi Serpang yang di sajikan dengan daun pisang dan kertas nasi warna coklat ini biasa di bandrol dengan harga Rp. 15.000,. Untuk bisa mencoba kuliner yang satu ini anda harus rela bangun pagi dan mengantri untuk membelinya karena biasanya para penjual Nasi Serpang ini membuka dagangan mereka mulai pukul 06.00 pagi sampai semua dagangan habis terjual. 

Belum lagi para penjual siap menggelar dagangan mereka para pecinta Nasi Serpang sudah berjejer mengantri, jadi anda jangan kaget ya bila nanti berencana membeli Nasi Serpang antriannya sudah panjang. 

Jadi untuk Sobat Dapur pecinta kuliner Nusantara yang kebetulan akan atau sedang berkunjung ke Madura, jangan sampai melewatkan kuliner nasi serpang khas Bangkalan Madura ini ya.. 

Referensi :
http://nasiserpangasli.blogspot.co.id/




Resep Masakan Diupdate pada : 20.50

0 komentar:

Poskan Komentar