Resep Klepon Tepung Beras Ketan Isi Gula

Resep Klepon Tepung Beras Ketan Isi Gula | dapurkita.my.id - Hai Bunda.. masih ingat posting kemarin kan? Resep kue klepon ubi ungu. Nah kali ini masih seputar kue klepon Sobat dapur lover. Resep klepon juga, tapi kali ini adalah resep klepon beras ketan isi gula.

Buat yang belum tahu, klepon atau kelepon adalah Kue tradisional atau tepatnya jajanan tradisional Indonesia. Kelepon ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bulat seperti bola pingpong dengan isi gula merah dan dibalut dengan parutan kelapa. Klepon tepung beras ketan isi gula ini biasanya dijual bersama jajanan tradisi lain seperti cenil, getuk dll. Tapi untuk Bunda dan Sobat Dapur Lover yang belum menemukan klepon ini dipasar, jangan kuatir. Karena Sobat dapur lover bisa membuat sendiri resep klepon tepung beras ketan isi gula ini.

Langsung saja ya Bunda, ini dia resep Klepon Tepung Beras Ketan Isi Gula yang pasti enak dan higienis, karena dibuat sendiri oleh Bunda dan Dapur Lover dengan penuh cinta ..

Bahan-bahan Klepon Tepung Beras Ketan Isi Gula :
  • 250 gram tepung beras ketan
  • 50 gram tepung beras
  • 1 sendok teh pasta pandan
  • 280 ml air matang
  • 200 gram gula merah, diiris halus
  • Parutan 1/2 butir kelapa
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 sendok teh air kapur*
* Air kapur dibuat dengan melarutkan 1/4 sendok teh kapur sirih ke dalam 50 ml air, lalu diendapkan dan    ambil  sendok air yang beningnya.
Cara Membuat Kue Klepon Tepung Beras Ketan Isi Gula :
  1. Campurkan tepung ketan beserta tepung beras, aduk-aduk rata. Tambahkan pasta pandan dan campur dengan air kapur serta air matang sedikit demi sedikit,  sambil diaduk hingga adonan kalis dan bisa dibentuk.
  2. Ambil satu sendok makan adonan yang sudah jadi, pipihkan lalu isi dengan irisan gula merah halus. Kemudian bentuk bulat menyerupai bola pingpong.
  3. Lakukan membuat hal yang sama hingga adonan habis. Masukkan kedalam air yang sedang mendidih, biarkan hingga adonan-adonan terapung bertanda telah matang, angkat dan tiriskan.
  4. Campurkan parutan kelapa bersama dengan garam dan daun pandan, lalu kukus selama 10 menit, angkat dan sisihkan.
  5. Gulung-gulungkan adonan yang sudah matang diatas parutan kelapa hingga parutan kelapa menempel pada permukaan kue. Sajikan.
Nah Bunda bagaimana, mudah kan? yuk kita bikin Kue Klepon Tepung Beras Ketan Isi Gula buat camilan sore ini .. :D


Loading...

Belum ada Komentar untuk "Resep Klepon Tepung Beras Ketan Isi Gula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel