Resep Bajigur Bandung

Resep Bajigur Bandung | dapurkita.my.id - Halo dapur lover.. 😃 ketemu lagi nih dengan artikel  resep makanan, minuman dan kue enak yang paaaling lengkap. Kali ini kita masih mau sharing "sesuatu" dari Kota Kembang Bandung. Setelah beberapa waktu yang lalu dapurkita telah sharing 35 makanan dan minuman Bandung, maka dapurkita akan mencoba mengumpulkan resep dari 35 makanan dan minuman dari Bandung tersebut.

Ngomongin kota Bandung yang dingin, ada beberapa minuman yang bisa membuat badan kita menjadi hangat dan nyaman lho Bunda... kira-kira minuman apa ya? Tepat banget buat Buntik yang jawab Bajigur!! Penasaran dengan resep minuman bajigur ini?

Bajigur adalah minuman lezat yang bahan utamanya adalah santan. Biasanya penjaja minuman tradisional Bajigur ini berkeliling di Kota Bandung dan daerah lain di Jawa Barat dengan menggunakan gerobak dengan "seeng"  / Dandang khasnya. Penjual Bajigur biasanya melengkapi dagangannya dengan aneka ragam cemilan tradisional lainnya seperti putri noong, nagasari / lambangsari, suuk alias kacang rebus, ubi rebus dan makanan khas Bandung dan Jawa Barat lainnya.  

Kali ini kita ada resep minuman tradisional dari Bandung yang rasanya asyik banget. Bajigur Asli Bandung. Resep ini merupakan resep warisan leluhur aki dan nini dari Kota Priyangan. Langsung aja ya disimak resep dan cara membuat minuman tradisional Bajigur Bandung.

Bahan Bajigur Bandung :
2000 ml santan dari 1 butir kelapa
1 1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
1/4 sendok teh vanili bubuk
225 gram gula aren
200 gram gula pasir
1/2 sendok makan kopi
3 cm kayu manis

Pelengkap Bajigur Bandung :
20 buah pisang rebus
10 buah ubi rebus
1 kg kacang tanah, direbus

Cara Membuat Bajigur Bandung :
Rebus santan, gula aren, gula pasir, kopi, kayu manis, garam, daun pandan, dan vanili bubuk dengan api sedang sambil diaduk sampai matang dan harum. Saring.
Sajikan dengan bahan pelengkap.

Demikian Sobat dan Bunda, sedikit rahasia cara membuat minuman tradisional Bajigur Bandung. Selamat mencoba.. :D

Bajigur - gambar : http://www.noble-house.tk

Loading...

Belum ada Komentar untuk "Resep Bajigur Bandung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel